Pesawat

Minggu, 26 Juni 2011

Cinta, Romantisme, Terbang, Harapan dan Melankolia

Seorang sahabat saya mengatakan bahwa,

Apabila seseorang yang telah membuatmu tersentuh dalam kondisi apapun itu, sesedikit pun itu, kau tidak mungkin menafikkan. Ia telah membuat perubahan dalam dirimu, apapun itu, sesedikit pun itu.

Kata-kata ini mungkin juga serupa dengan kutipan dialog batin Stacy tokoh dalam film Little Black Book di bagian hampir akhir film tersebut :
“Bagaimana mungkin seorang anak perempuan tidak berubah ketika ia masuk ke lubang kelinci kekacauan? Jawabannya, ia pasti berubah”
Masih ingat alegori Alice in a Wonderland kan? Yah, Alice yang masuk ke lubang kelinci ternyata masuk ke lubang lingkaran kerajaan yang semakin lama ia masuk ke sana ia tak akan bisa keluar. Tentu saja sekali nya ia keluar, ia akan menjadi pribadi yang berbeda.

Saya mau meninggalkan Alice, Little Black Book sejenak, bagaimana ketika kita terperosok dengan sesuatu hal yang namanya Cinta. Saya juga tidak mengerti juga arti cinta seperti apa, mungkin juga itu cinta ketika saya membaca kisah nyata ini.

Ciuman Maut Liu Mampu Luluhkan Niat Bunuh Diri Pemuda Cina

RepublikaRepublika – Sab, 25 Jun 2011
REPUBLIKA.CO.ID, SHENZEN - Liu Wenxiu mendadak populer di Cina. Gadis 19 tahun ini berhasil menggagalkan upaya bunuh diri yang dilakukan seorang pemuda dengan ciuman mautnya.

Ceritanya, hari itu dia pergi berbelanja bersama teman-temannya ke sebuah pusat perbelanjaan ramai di Shenzhen, Provinsi Guangdong. Saat tengah makan di sebuah restoran, mereka menemukan kerumunan pengunjung mal. Rupanya, mereka tengah menonton seorang pemuda yang hendak mengiris lehernya dan terjun dari ketinggian.

Liu melihat, tak seorangpun yang berusaha membujuk sang pemuda. Bahkan, polisi di sekitarnya pun hanya berjaga-jaga saja.

Liu berlari mendekat. Polisi menghalanginya.

Tak kehilangan akal, ia mengaku sebagai pacar sang pemuda, dan pemuda itu hendak bunuh diri karenanya. Padahal, itu hanya cerita karangan Liu saja. "Saya hanya ingin mendekat padanya, mengajak bicara, dan syukur-syukur dia mengurungkan niatnya," katanya.

Ia mendekat. Dari obrolan, diketahui pemuda itu putus asa karena keluarganya berantakan. Sebagai anak hasil broken home, ia memahami perasaan sang pemuda. Mereka pun terlibat dialog.

Entah apa yang mereka bicarakan, yang jelas hati pemuda itu makin melunak. Liu kemudian berjalan perlahan mendekatinya, merangkulnya, dan kemudian menciummnya. Sang pemuda menjatuhkan pisau, dan membiarkan petugas pemadam kebakaran membantunya melompati pagar, menyelamatkan dirinya.

Apa yang mereka perbincangkan? Liu tutup mulut. "Ceritanya menyentuh saya. Tapi tiba-tiba saya merasa saya sangat memahaminya dan serasa saya adalah pacarnya," ujarnya, tersipu. So Sweet!

Atau mungkin ketika saya membaca cerita ini, maka ini kah cinta yang dimaksud?

Wanita Prancis Nikahi Jenazah Sang Tunangan

Liputan 6Liputan 6 – Jum, 24 Jun 2011
Liputan6.com, Prancis: Seorang wanita asal Prancis cinta mati kepada kekasihnya, hingga tetap menikahi jasad tunagannya di kuburan. Seperti diwartakan Dailymirror, Jumat (23/6), Karen Jumeaux tetap menikah dengan  Anthony Maillot yang telah meninggal dua tahun lalu.
Mereka bertunangan 2007 silam. Tapi, Anthony tewas 2009 silam akibat kecelakaan. Sejak itu, Karen berusaha untuk tetap menikahi tunangannya, meskipun harus melakukan berbagai cara, termasuk meminta persetujuan dari Presiden Perancis Nicolas Sarkozy.
Akhirnya Karen bisa menikah dengan Anthony karena mendapatkan jaminan khusus. Dengan mengenakan gaun putih, Karen menikah di tempat Anthony dimakamkan di Dizy-le-Gros, Perancis Timur, disaksikan oleh keluarga dan teman dekatnya. Karen dan Anthony telah memiliki satu putra. Anthony meninggal sebelum hari pernikahannya.
"Anthony adalah cinta pertama dan terakhir saya. kami telah bersama selama empat tahun. Sekarang, saya adalah isterinya. Saya akan selalu mencintainya," ungkap Karen sambil menitikkan air mata. Ia menambahkan, seharusnya ia bisa membesarkan anak dengan Anthony, tapi takdir berkata lain.
Pakar hukum Prancis mengatakan bahwa Karen ingin menikah lagi, wanita berusia 22 tahun itu harus tetap melayangkan gugatan cerai. (Vin)
Cinta apapun dalilnya tak akan mudah didefinisikan, karena semakin rumit kita menjelaskan, semakin tidak jelas juga pemahamannya.

Saya sendiri percaya cinta adalah untuk menginginkan dan diinginkan, dan lebih dari itu, adalah untuk mempertahankan. Sayangnya tak semua harapan bisa menetap dan bertahan. Cinta tidak akan takhluk pada hukum kepemilikan, karena kita semua sejatinya tidak memiliki apa-apa. Maka, ketika saya mendengarkan lagu Gigi – Terbang, yang bunyi liriknya seperti demikian,
Terbang - GIGI
Terpikir... dan terpana
Dan terdiam... ku melihat
Sadarku... bertahun
dan bersama... terwujudlah ah...

Reff: Terbayang... yang terindah
Yang terhampa... berlalulah
Sadarku... semuanya
Perasaan... rasa cinta ah...

Kaulah yang dinginkan aku
Dari mimpiku dari mimpiku uoohh..
Coba terbangkan anganku
Dari sadarku ...

Back to reff.
Reff # : Kaulah yang dinginkan aku
Dari mimpiku dari mimpiku uohh..
Coba terbangkan anganku
Dari sadarku dari sadarku..

Back to reff #
Cinta kadang membuat kita terbang untuk menggapai  apa yang kita inginkan, namun juga akan melemparkan kita sejauh yang mereka mau karena cinta juga sebuah hasrat yang punya sayap. Bisa terbang bahkan lenyap, seperti gelembung sabun. Dari gelembung sabun, otak saya malah melayang dan membuat tulisan ini. Tidak jelas, mungkin saya sedang dilanda melankolia.
Tentang Sajak Romantis yang Sama Sekali Tak Romantis
: kepada "ia"
sajak romantis tak perlu datang dari tempat yang romantis. tak perlu ada hutan, tak perlu ada laut, tak perlu ada senja, tak perlu ada gerimis, tak perlu ada gunung, tak perlu ada angin dan tak perlu ada rerumput. tak perlu kau setubuhi malam, tak perlu meratap dinding kamar.

mungkin sajak romantis adalah seraut wajahku yang kau duduki tepat di sisi pantatmu. bagaimana? seraut wajah yang kau tangkap dari kamera kemudian kau selipkan di saku dompetmu. dari sisi itu mungkin aku menjadi sesuatu yang menemanimu kemana saja.

sajak romantis tak perlu datang dari tempat yang romantis. tak perlu ada hutan, tak perlu ada laut, tak perlu ada senja, tak perlu ada gerimis, tak perlu ada gunung, tak perlu ada angin dan tak perlu ada rerumput. tak perlu kau setubuhi malam, tak perlu meratap dinding kamar.

bagaimana kalau sajak romantis lahir dari kamar mandi. aku bayangkan, kita mandi berdua, dengan ditemani sabun dan busa yang menggelembung terbang. aku jadi iri dengan sabun, karena ia memahami lekuk tubuhmu jauh daripada aku. ia paham tiap sudut letakan tahi lalatmu, dakimu, kutu airmu. mungkin ia yang paling paham aroma keringatmu. dan khayalanku mungkin hanya menjadi balon sabun pecah diruap angkasa mimpi.

sajak romantis tak perlu datang dari tempat yang romantis. tak perlu ada hutan, tak perlu ada laut, tak perlu ada senja, tak perlu ada gerimis, tak perlu ada gunung, tak perlu ada angin dan tak perlu ada rerumput. tak perlu kau setubuhi malam, tak perlu meratap dinding kamar.

cukup ada kau dan aku, meski dalam bayangan kepala-kepala kita yang berputar, mencari tempat-tempat yang kita inginkan. bahkan itu di kolong tempat tidur sekalipun, di atas jembatan, di warung kaki lima, atau mungkin dalam ruang imajinasi kita

kau dan aku, adalah sajak romantis yang pernah tercipta

1 komentar:

  1. ya, sedikit saja "menyentuh" dan semua tak sama lagi :)
    itu pasti....

    BalasHapus